Rabu, 16 November 2011

World Wide Web (WWW)

World Wide Web (WWW) adalah suatu ruang informasi dimana sumber sumber daya yang berguna didentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URL). Web sering di anggap sama dengan internet secara keseluruhan, tetapi sebenarnya ia adalah bagian dari internet.
Web memberikan layanan untuk browsing atau surfing bagi pengguna internet. Layanan ini dapat memberikan informasi dalam berbagai format atau multimedia. Informasi teks, gambar, suara dan video dapat dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi yang ditulis dalam web berbentuk format HTML. Layanan www ini dapat ditempatkan dalam sebuah web server sehingga komputer yang telah terhubung dengan internet dapat mengaksesnya.
Untuk membuka web server www, komputer yang digunakan harus mempunyai program web client atau disebut dengan web browser. Web browser yang paling umum digunakan adalah Microsoft Internet Explorer. Selain itu, ada pula jenis web browser lainnya, seperti Netscape Navigator, Mosaic, Mozzila Firefox, Opera, dan Lynx.
WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Sumber:
http://adibowo.com/apa-itu-www-fungsi-dan-sejarah-www/
Buku Teknologi Informasi & Komunikasi, penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar